Kamis, 13 Oktober 2016

4 Penemuan Yang Mengejutkan Dunia

1.PENISILIN

blog tentang sains dan pengetahuan umum lainnya
Penisilin

Penisilin (Penicillin atau PCN) adalah sebuah kelompok antibiotika Beta-laktam yang digunakan dalam penyembuhan penyakit infeksi karena bakteri, biasanya berjenis Gram-positif. Penemuan Penisilin selalu dikaitkan dengan ilmuwan Skotlandia, Alexander Fleming pada 1929. Peristiwa penemuan Fleming ini didapat secara tidak sengaja. Saat itu ia sedang berlibur selama 2 minggu dan meninggalkan bakteri Staphylococcus di piringan kultur. Ketika Fleming kembali, ia melihat adanya jamur aneh pada piringan kultur , jamur tersebut telah mematikan bakteri di sekitarnya.

Fleming menyimpulkan bahwa fenomena tersebut dikarenakan sebuah subtansi penghambat pertumbuhan dan penghancur bakteri. Ia kemudian menumbuhkan sebuah kultur murni dan menemukan Penicillium yang kemudian dikenal sebagai Penicillium chrysogenum. Fleming memberikan istilah “Penisilin” untuk menggambarkan hasil filtrasi dari kultur mikrobiologis Penicillium.

Saat Perang Dunia II, Penisilin berjasa dalam menekan jumlah kematian akibat infeksi yang disebabkan luka terbuka yang tak mendapat perawatan, yang dalam situasi serupa dapat menimbulkan gangren bahkan kematian, menyelamatkan 12-15% nyawa korban perang.


2.GELOMBANG RADIASI KOSMIK
blog tentang sains dan pengetahuan umum lainnya
Contoh Gelombang Radiasi Kosmik
Pada tahun 1948, Ralph Alpher dan Robert Herman mempublikasikan teori ilmiahnya bahwa alam semesta tercipta oleh Big Bang “Hari ini kita akan melihat cahaya-cahaya yang dilepaskan ketika atom pertama kali dibentuk, pada saat alam semesta berumur 300.000 tahun. Karena alam semesta telah berkembang selama miliaran tahun, cahaya dikalkulasikan dengan faktor 1.000, yang dideteksi sebagai gelombang mikro.”
Pada tahun 1964, Arno Penzias dan Robert Wilson secara tidak sengaja menemukan radiasi latar belakang kosmis ketika mereka sedang melakukan pemantau diagnostik menggunakan penerima gelombang mikro yang dimiliki oleh Laboratorium Bell. Penemuan mereka memberikan konfirmasi yang substansial mengenai prediksi radiasi latar bahwa radiasi ini bersifat isotropis dan konsisten dengan spektrum benda hitam pada 3 derajat Kelvin. Penzias dan Wilson kemudian dianugerahi penghargaan Nobel atas penemuan mereka.



3.METAMATERIAL

blog tentang sains dan pengetahuan umum lainnya
Metamaterial
Penemuan ini dilakukan oleh Profesor Martin McCall dan Imperial College, London. Metamaterial adalah material yang direkarayasa agar memiliki sifat yang tidak dapat ditemukan di alam. Metamaterial terbuat dari kumpulan beberapa elemen yang dibuat dari gabungan beberapa material, seperti logam dan plastik. Metamaterial biasanya tersusun dalam pola yang berulang, dalam skala yang lebih kecil dari panjang gelombang gejala yang ia pengaruhi. Metamaterial tidak memperoleh sifatnya dari sifat bahan dasarnya, melainkan dari strukturnya yang dirancang dengan cara baru. Bentuk, geometri, ukuran, orientasi, dan susunannya yang tepat memberikan sifat cerdas yang mampu memanipulasi gelombang eloktromagnetik : dengan cara menghadang, menyerap, meningkatkan, atau membengkokkan gelombang, untuk mencapai manfaat yang melampaui hal yang mungkin dilakukan material konvensional.





4.OPERASI BEDAH

blog tentang sains dan pengetahuan umum lainnya
At-Tashrif
Sekitar tahun 1000, seorang dokter bernama Abu Al-Qasim Az-Zahrawi (atau di Barat dikenal sebagai Abulcasis) mempublikasikan At-Tashrif, ensiklopedia dengan 1500 halaman yang berilustrasi tentang operasi bedah yang diterjemahkan dan digunakan di Eropa sebagai referensi medis selama lebih dari 500 tahun. Az-Zahrawi menggunakan larutan usus kucing sebagai benang jahit sebelum menangani operasi kedua untuk memindahkan jahitan pada luka. Dia juga yang dilaporkan melakukan operasi caesar dan menciptakan sepasang alat jepit pembedahan. Penemuannya ini pun dijadikan sebagai dasar operasi bedah modern.

0 komentar:

Posting Komentar